“Waktu gue coba ‘ngetes’ bareng motor sport 2-Tak 150 cc semi kompetisi Cuma beda 2 bodi untuk jarak 0 – 800 meter. Sedang 250 cc 4-taknya malah amblas 50 meter ketinggalan, Dani sekaligus mang Dadang bengkel spesialis las karbit n tambal ban yang bisa dipercaya menggarap korekan mesin apapun, mesin cukur pun jadi
Waktu Vespa gwe itu di test dicoba di jalan baru klari-tj.pura pakai alat dyno Sportdevice V3.3, horse power-nya 29 dk. Weleh … weleh .. tenaga segitu melebihi max power Ninja 150R maupun Ninja 250R standar lo. Padahal tenaga standarnya Vespa Super hanya sekitar 7-8 dk doang.
Tentu kemampuan segitu lantaran dapur pacu sudah diobok-obok oleh gue. Kapasitas mesin standar yang semula hanya 150cc dibore-up jadi 171,9cc pakai piston big bore Yamaha RXZ berdiameter 62 mm berikut setang piston ori full japan.


"Karakter mesin Vespa yang aslinya punya torsi gede di putaran bawah, gue bikin terbalik jadi low torque. Tapi high power di rpm atas, Untuk mendapatkan efek seperti itu, ruang crank case dikeruk sebanyak 2 mm dekat lubang transfer. Sementara tinggi transfer yang semula 51 mm dibikin jadi 48 mm. Lalu lubang buang diset selebar 25 mm dengan tinggi 30 mm. Selanjutnya, perbandingan kompresi dirancang jadi 7,6 : 1 dengan menata volume kubah kepala silinder sebanyak 13,5 cc.
Tak kalah penting, system pengapian diubah jadi DC total loss 12V 9A (standar AC) dengan memanfaatkan rotor milik RX-King yang magnetnya dibuang total. Sehingga bobotnya jadi 400 gr saja. Sementara otak pengapian mengandalkan BRT I-Max Remote yang dikombinasi koil YZ 4SS plus busi Denso Iridium IW 31.




Untuk komponen pengabut bahan bakar, gue menjejali Karbu 26-26 yang di bubut lagi jadi 29-29 berikut lubang ingletnya dengan settingan spuyer, main jet 150 dan pilot jet 60. Bahan bakarnya pakai Avgas dicampur oli samping ROTARI R30 dengan perbandingan 1 liter : 10ml.
Siippp setingan'a om....
BalasHapusBocoran ukuran port'a om....
Thanks utk info ukuran yg sdh ada om.... :-)
Mau pesan mallossi seperti d gambar postingan
BalasHapusMau pesan mallossi seperti d gambar postingan
BalasHapusWeh..aq mau coba otak atik..ngga berani. maklum gan, ilmunya masih rendah. Ya..jadi tak nikmatin aja seperti biasanya.
BalasHapusSalam dari saya sewa mobil di malang
bocoran masalah pengapiannya gmn tuh om bro
BalasHapus" dengan memanfaatkan rotor milik RX-King yang magnetnya dibuang total."
magnetnya di buang total mksdnya gmn ya om bro
Om ada stok cyl head untuk blok piston 62mm ga om? Seken jg gpp, japri ke 085269294844
BalasHapustipsnya bermanfaat om terimakasih
BalasHapusPerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)